Rabu, 04 April 2012

Penggunaan " DO/DOES " part 1


Penggunaan DO/DOES

a. Sebagai kata kerja.

DO tergolong kata kerja tidak beraturan (irregular verb) yang artinya mengerjakan atau  melakukanatau menyelesaikan. Bentuk verb2 dan verb3-nya berturut-turut adalah DID, dan DONE.
DO digunakan pada kalimat simple present tense jika subject-nya plural. Plural subject yang dimaksud adalah I, we, you, they, dan nouns yang dapat digantikan dengan I, we, you, atau they.
Contoh:
  1. I do my homework everyday. (Aku mengerjakan PRku tiap hari).
  2. We do house cleaning every other day. (Kami mengerjakan pembersihan rumah tiap dua hari sekali). Lebih enak diterjemahkan: Kami membersihkan rumah dua hari sekali).
  3. You do that and I will do this. (Kamu kerjakan itu dan aku akan kerjakan ini).
  4. They do their homework every week. (Mereka mengerjakan PRnya tiap minggu).
  5. Ani and Anggi do their homework every Friday night. (Ani dan Anggi mengerjakan PRnya tiap Jumat malam = malam Sabtu). Digunakan DO karena Ani dan Anggi dapat digantikan dengan pronounthey.
DOES adalah bentuk singular dari verb1 DO. DOES digunakan pada kalimat present tense jika subjectnya  singular. Yang dimasud dengan singular subject adalah he, she, it dan nouns yang dapat digantikan dengan he, she atau it.
Contoh:
  1. He does his homework everyday. (Dia mengerjakan PRnya tiap hari).
  2. She does house cleaning every other day. (Dia mengerjakan pembersihan rumah tiap dua hari sekali).
  3. Andi always does a great job. (Andi selalu mengerjakan perkerjaannya dengan sangat baik). Digunakan DOES karena Andi dapat diganti dengan pronoun he.
  4. My little sister does the dishes everyday. (Adikku (cewek) membersihkan piring-piring (dan alat makan lainnya) tiap hari).
  5. The washing machine is good. It does the washing very well. (Mesin cuci itu bagus.  Mesin cuci itu melakukan pencucian dengan  sangat baik= Mesin cuci itu  membersihkan pakaian-pakaian dengan sangat baik).
Selain dapat digunakan dalam simple present tense, DO juga dapat digunakan dalam kalimat simple future tense (membentuk verb phrase WILL DO, IS/AM/ARE GOING TO DO) dan past future tense (membentuk verb phrase WOULD DO, WAS/WERE GOING TO DO).  Dalam hal ini, DOES tidak dapat digunakan.
Contoh:


  1. He will do his homework tomorrow. (Dia akan mengerjakan PRnya besok).
  2. She would do the house cleaning yesterday but she didn’t. (Dia akan mengerjakan pembersihan rumah kemarin tetapi tidak jadi).
  3. My little sister is going to do the dishes in an hour. (Adikku (cewek) akan membersihkan piring-piring (dan alat makan lainnya) lagi satu jam lagi).
  4. The washing machine is good. It will do the washing very well. (Mesin cuci itu bagus.  Dia akan membersihkan pakaian-pakaian dengan baik).
  5. They were going to do the math problems last night.  For an unknown reason, they didn’t. (Mereka akan mengerjakan soal-soal matematika tadi malam. Karena alasan yang tidak diketahui, mereka tidak jadi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome To Linguistic Education Blgger!!!
You Can Post or Request Education Here!!!